Kisah Pendirian Sebuah Universitas Terkenal




Stanford didirikan oleh raja kereta api, Gubernur California, Senator dan Pimpinan Partai Republik Leland Stanford dan istrinya, Jane Stanford. Universitas ini diberi nama untuk menghormati anak tunggal mereka, Leland Stanford, Jr. yang meninggal dunia karena tipus hanya beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-16. Pada pagi hari kematian anak mereka, Leland Sr. konon berkata kepada istrinya, “Anak-anak di California akan menjadi anak-anak kita.” dan mereka segera memutuskan untuk mencari cara yang abadi untuk mengenang anak tercinta mereka.

Keluarga Stanford lalu mengunjungi beberapa Universitas besar di timur untuk mengumpulkan ide dalam pendirian universitas. Keluarga Stanford lalu pergi menuju Universitas Harvard. Sang istri ini mengenakan gaun pudar menggandeng suaminya yang berpakaian sederhana dan usang, turun dari kereta api di Boston , dan berjalan dengan malu-malu menuju kantor Pimpinan Harvard University, Charles Eliot


Sesampainya disana sang sekretaris Universitas langsung mendapat kesan bahwa mereka adalah orang kampung, udik, sehingga tidak mungkin ada urusan di Harvard dan bahkan mungkin tidak pantas berada di Cambridge.

“Kami ingin bertemu Pimpinan Harvard”, kata sang pria lembut.
“Beliau hari ini sibuk,” sahut sang Sekretaris cepat.
“Kami akan menunggu,” jawab sang Wanita.

Selama 4 jam sekretaris itu mengabaikan mereka, dengan harapan bahwa pasangan tersebut akhirnya akan patah semangat dan pergi. Tetapi nyatanya tidak. Sang sekretaris mulai frustrasi, dan akhirnya memutuskan untuk melaporkan kepada sang pemimpinnya.

“Mungkin jika Anda menemui mereka selama beberapa menit, mereka akan pergi,” katanya pada sang Pimpinan Harvard.

Sang pimpinan menghela nafas dengan geram dan mengangguk. Orang sepenting dia pasti tidak punya waktu untuk mereka. Dan ketika dia melihat dua orang yang mengenakan baju pudar dan pakaian usang diluar kantornya, rasa tidak senangnya sudah muncul. Sang Pemimpin Harvard, dengan wajah galak menuju pasangan tersebut.
 

Charles William Eliot
Sang wanita berkata padanya, "Berapa banyak biaya untuk menduplikasi Harvard di California? " tanyanya, dengan mata yang menjeritkan harap.

Sang Pemimpin Harvard tidak tersentuh, wajahnya bahkan memerah. Dia tampak terkejut. “Nyonya,” katanya dengan kasar, “Kalian mau menduplikasi universitas ini untuk apa?”

Sang wanita menjelaskan dengan cepat, “Kami ingin mendirikan sebuah universitas cabang dari Harvard di California untuk mengenang putra kami yang telah meninggal”

Sang Pemimpin Harvard memutar matanya. Dia menatap sekilas pada baju pudar dan pakaian usang yang mereka kenakan dan berteriak, “Sebuah gedung?! Apakah kalian tahu berapa harga sebuah gedung?

Kalian perlu memiliki lebih dari 15 juta dolar hanya untuk bangunan fisik Harvard.”


Untuk beberapa saat sang wanita terdiam. Sang Pemimpin Harvard senang. Mungkin dia bisa terbebas dari mereka sekarang. Sang wanita menoleh pada suaminya dan berkata pelan, “Kalau hanya sebesar itu biaya untuk memulai sebuah universitas, mengapa tidak kita buat sendiri saja ?”

Suaminya mengangguk. Wajah sang Pemimpin Harvard menampakkan kebingungan. Mr. dan Mrs Leland Standford bangkit dan berjalan pergi, melakukan perjalanan ke daerah-daerah lain.

David Starr Jordan, presiden dari Indiana University, adalah pilihan akhirnya bertemu langsung dengan Stanford, setelah beberapa pemimpin dari Liga Ivy menolaknya.

Akhirnya setelah berjuang mencari ide dalam mendirikan universitas. Sampailah mereka di Palo Alto, California, di sana mereka mendirikan sebuah Universitas yang menyandang nama anak mereka, sebuah peringatan untuk anaknya yangg telah meninggal sebelum memperoleh pendidikan yang tinggi.

Warga dan anggota komunitas universitas menganggap universitas baru buatan Stanford ini layaknya Peternakan, hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa universitas ini terletak di bekas tempat peternakan kuda Leland Stanford.

Mr & Mrs. Stanford

Universitas tersebut adalah Stanford University , yang sekarang sesuai dengan perkembangan zaman menjadi salah satu universitas favorit kelas atas di AS.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang mengapreasikan pendapatnya dikomentar...
Terimakasih ... :D