Penyebab Dan Solusi Apabila Data USB Corrupt


Snipers Pernah Menemukan USB yang data-data nya menjad korup/rusak? pasti bingung dana bertanya kenapa sampai rusak apakah virus merusaknya pasti kecewa banget tuh padahal data data di dalamnya begitu penting mungkin saya akan coba memaparkan penyebabnya.

Hmmmm Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan data-data yang tersimpan di dalam USB Flash Drive menjadi data korup, di antaranya:

1. Daya tampung penyimpanan data telah penuh, dengan kata lain ketika Snipers menyalin suatu file ke dalam USB Flash Drive, namun USB Flash Drive tidak memberikan respon peringatan bahwa daya tampung penyimpanan data sudah tidak bisa melakukan penyimpanan data lagi.

2. Mencabut USB Flash Drive Anda dengan paksa ketika melaku¬kan penyalinan data, sehingga proses penyalinan tersebut mengalami error.

3. Matinya listrik secara tiba-tiba ketika Sniperssedang bekerja dengan file yang terdapat dalam USB Flash Drive (baik penyalinan data, perubahan data, dan lain sebagainya).

4. Tidak berhasil atau gagalnya proses format ulang pada USB Flash Drive.

5. Terendam air.

6. Dari beberapa sebab di atas, kemungkinan terbesar penyebab data-data yang tersimpan di dalam USB Flash Drive menjadi data yang korup adalah mencabut USB Flash Drive secara paksa, matinya listrik secara tiba-tiba, dan tidak berhasilnya proses format ulang pada USB Flash Drive. Namun ini hanya sebuah analisa saya yang pernah mengalami hal-hal seperti di atas, mungkin Snipers akan mengalami hal yang sama atau menemukan penyebab lainnya.

Solusi :

Dalam penanganan masalah sendiri Snipers bisa menggunakan 2 pilihan yang pertama adalah : 

-Penggunaan fungsi dari command prompt, yaitu fungsi CHKDSK (Check Disk) yang digunakan sebagai perintah untuk melakukan pengecekan media penyimpanan data (seperti Harddisk Drive, Floppy Disk, dan USB Flash Drive), apakah terdapat error atau tidak pada tempat penyimpanan data tersebut yang diakibatkan oleh beberapa sebab seperti beberapa faktor yang telah disampaikan di atas.

-Cara penanganan kedua, Snipers bisa menggunakan tools bantu untuk melakukan perbaikan (Repair) pada tempat penyimpanan data tersebut.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang mengapreasikan pendapatnya dikomentar...
Terimakasih ... :D