Menggunakan Route Sumarrization Untuk mempercepat Routing

Route summarization dapat digunakan untuk mempercepat proses pencarian rute. Disebut juga dengan route aggregation atau supernetting. Juga, menyajikan konsep default route statis. Ketika router tidak memiliki rute khusus untuk tujuan, rute statis default dapat digunakan untuk mendapatkan paket ke router yang mungkin memiliki rute ke tujuan. Jenis rute yang memungkinkan router jaringan rumah untuk mengakses halaman web di seluruh dunia tanpa jaringan rumah memiliki tabel routing ke internet. Lalu lintas dilewatkan ke ISP dari router rumah-pengguna. Router ISP memiliki rute baik khusus ke tujuan atau default route lain menuju router jaringan yang lebih luas.
Manfaat Route Summarization
Dalam sebuah lingkungan inter-network yang kecil, tabel routing router mungkin hanya memiliki beberapa puluhan rute. Semakin besar jaringan, semakin besar jumlah rute. Ketika jumlah rute dalam tabel routing router tumbuh lebih besar dan lebih besar, maka akan  mengkonsumsi lebih banyak memori di router dan mengambil lebih banyak waktu dalam mencari tabel routing ketika mereka perlu untuk rute paket. Rute summarization adalah teknik yang membantu untuk mengurangi ukuran tabel routing.
Syarat Route Summarization
Sebagian besar protokol routing seperti EIGRP, OSPF, dan Rip, mendukung VLSM(variable-length subnet mask). Ketika jaringan menggunakan route summarization, protokol routing harus mendukung VLSM. VLSM berarti bahwa, dalam Kelas tunggal A, B, atau C jaringan, lebih dari satu subnet mask adalah nilai yang digunakan.  VLSM memungkinkan beberapa subnet lebih kecil atau lebih besar, yang mengurangi alamat IP terbuang percuma.
Bersambung dengan judul artikel menghitung route summarization
Previous
Next Post »
0 Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang mengapreasikan pendapatnya dikomentar...
Terimakasih ... :D