Penentuan jalur Terbaik Pada Router

Penentuan jalur terbaik pada router merupakan pemilihan beberapa jalur menuju jaringan tujuan yang sama. Misalnya dari kota A menuju kota B bisa lewat beberapa jalan yang berbeda. Dari beberapa jalur tersebut akan dipilih jalur yang paling optimal atau jalur yang paling pendek menuju jaringan tujuan. Dari beberapa jalur yang menuju jaringan tujuan yang sama tadi, masing-masing menggunakan exit interface yang berbeda. Beberapa protokol routing seperti RIP, menggunakan hop-count  yaitu jumlah router dari jaringan asal menuju jaringan tujuan. Beberapa protokol routing yang lain seperti ospf, menentukan jalur terpendek dengan menghitung bandwidth masing-masing link, dan akan memilih link dengan bandwidth paling cepat dari router awal menuju tujuan.
Protokol routing dinamik biasanya menggunakan aturan dan metrik mereka sendiri untuk membangun dan memperbarui tabel routing. Pengertian metrik adalah nilai kuantitatif yang digunakan untuk mengukur jarak ke rute tertentu. Sebagai contoh, router akan memilih jalan yang jauhnya 5 hop jauhnya daripada jalur yang  jauhnya 10 hop.
Tujuan utama dari protokol routing untuk menentukan jalur terbaik untuk setiap rute yang akan disertakan dalam tabel routing. Algoritma Routing menghasilkan nilai, atau metrik, untuk setiap jalur pada jaringan. Metrik dapat berdasarkan baik karakteristik tunggal atau beberapa karakteristik jalur. Beberapa protokol routing dapat mendasarkan pemilihan rute pada beberapa metrik, menggabungkan mereka ke dalam metrik tunggal. Semakin kecil nilai sebuah metrik, semakin bagus jalur tersebut.
Tujuan utama dari protokol routing untuk menentukan jalur terbaik untuk setiap rute yang akan disertakan dalam tabel routing. Algoritma Routing menghasilkan nilai, atau metrik, untuk setiap jalur melalui jaringan. Metrik dapat berdasarkan baik karakteristik tunggal atau beberapa karakteristik jalur. Beberapa protokol routing dapat mendasarkan pemilihan rute pada beberapa metrik, menggabungkan mereka ke dalam metrik tunggal. Nilai semakin kecil dari metrik, jalan baik.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang mengapreasikan pendapatnya dikomentar...
Terimakasih ... :D